Sukses Berbisnis 3B ala Purdie E Chandra.

 

 Purdi E Chandra merupakan sosok pengusaha sukses yang banyak diidolakan calon pengusaha. Purdi membuktikan bahwa kesuksesan tak selalu dimiliki oleh orang yang memiliki gelar pendidikan formal yang tinggi. Dia sendiri sudah membuktikanya. Pendiri dan pemilik lembaga bimbingan belajar Primagama ini pernah mengenyam bangku kuliah di Univesrsitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (dulu bernama IKIP) dengan mengambil 4 jurusan sekaligus yaitu Psikologi, Sastra Inggris, Elektronika, dan Farmasi. 

Namun ditengah jalan dia memutuskan untuk berhenti kuliah karena merasa tidak mendapatkan apa-apa dari bangku kuliahnya. Dia berani mengambil langkah yang cukup berani untuk kemudian fokus mengembangkan bisnis bimbingan belajar yang sudah dirintis semenjak kuliah . 


Purdi E Chandra sering memaparkan tips bagaimana memulai bisnis yang jitu. Jurus andalan Purdi yang sering jadi andalan pada seminar-seminarnya adalah 3 B, BODOL, BOTOL, dan BOBOL. Apa yang dimaksud dengan 3 B tersebut?

1. BODOL (Berani, Optimis, Duit, Orang, Lain).
Masalah modal merupakan momok yang selalu menghantui setiap orang dalam memulai sebuah usaha mandiri. Menurut Purdi, jika kita sudah memiliki tekad bulat untuk bisnis, maka masalah duit bisa diusahakan yaitu memakai duit orang lain. Yang dimaksud orang lain bisa dari keluarga, teman, maupun lembaga perbankan. Yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa kita harus optimis dahulu akan berhasil dalam usaha yang akan dirintis.


2. BOTOL (Berani, Optimis, Tenaga, Orang, Lain)
Masalah skill juga menjadi penghambat ketika seseorang ingin memulai usaha. Banyak yang beralasan tidak memiliki keahlian yang bisa mendukung untuk usaha. Namun ketika kita optimis, maka kita bisa memanfaatkan tenaga orang lain yang ahli di bidang usaha yang ingin kita tekuni. Dengan begitu kita akan mampu menghasilkan produk barang ataupun jasa yang baik karena ditangani oleh ahlinya.


3. BOBOL (Berani, Optimis, Bisnis, Orang, Lain)
Tips yang terakhir ini mungkin hanya berlaku bagi orang yang sudah memiliki banyak uang dan ingin menjalankan usaha. Yang dimaksud bisnis orang lain disini kita sebagai calon pengusaha membeli bisnis orang lain baik itu dengan sistem franchise maupun pembelian penuh sebuah usaha. Franchise maupun akuisisi usaha merupakan jalan tercepat untuk memiliki usaha, namun juga membutuhkan dana ekstra.

Demikian Sukses Berbisnis 3B ala Purdie E Chandra. yang saya rangkum dari berbagai sumber. 
Semoga bermanfaatBergaya  


dikutip : www.bersosial.com

0 comments: